Pranadewi, Anissa and Hildayanti, Siti Komariah and Emilda, Emilda (2024) Pengaruh Live Streaming, Harga dan Personal Branding Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Aplikasi Tiktok. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.
Anissa Pranadewi_2020510079_File Cover-Daftar Isii.pdf
Download (1MB)
Anissa Pranadewi_2020510079_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Tiktok menjadi yang paling populer sebagai platform media sosial untuk melakukan pembelian. Tiktok merupakan fitur perdagangan elektronik yang sangat kreatif untuk menghubungkan penjual, pembeli, dan pencipta konten agar dapat memberikan pengalaman yang menggembirakan melalui live streaming.
Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder dengan penyebaran kuesioner. Sebanyak 384 responden berhasil dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen pengguna aplikasi Tiktok di Kota Palembang yang dimana populasi tidak diketahui dengan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda menggunakan bantuan SPSS Versi 27.
Analisis yang digunakan adalah teknik kuantitatif dari hasil penyebaran kuesioner. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel live streaming, harga dan personal branding masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (prob < 0,000 < alpha = 0,05). Secara simultan, variabel live streaming, harga dan personal branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan keputusan pembelian (prob < 0.000 < alpha = 0.05).
Berdasarkan hasil pengujian korelasi bahwa live streaming, harga, dan personal branding memiliki hubungan korelasi yang sangat kuat dan positif terhadap keputusan pembelian. Secara determinasi live streaming, harga dan personal branding berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 64,3% dan sisanya sebanyak 35,7% dari pengaruh keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar dari penelitian ini.
Kata kunci : Keputusan pembelian, live streaming, harga, personal branding
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen S1 |
Depositing User: | Anissa Prana Dewi |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 03:31 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 03:31 |
URI: | http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/1235 |