Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Website Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Palembang

Fadilah, Nadia Ayu and Yulianti, Evi and Kholik, Abdul (2024) Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Website Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Palembang. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of Nadia Ayu Fadilah_2020210011_ File Full Karya Ilmiah.pdf] Text
Nadia Ayu Fadilah_2020210011_ File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Nadia Ayu Fadilah_2020210011_File Cover-Daftar Isi.pdf] Text
Nadia Ayu Fadilah_2020210011_File Cover-Daftar Isi.pdf

Download (438kB)

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik saat ini menjadi suatu keharusan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kepada masyarakat. Salah satu aspek pelayanan publik yang dapat ditingkatkan adalah sistem pengaduan masyarakat. Penelitian ini berfokus pada pengembangan sistem pengaduan masyarakat berbasis website untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang. Disdukcapil memiliki peran kunci dalam administrasi kependudukan, seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Proses pengaduan masyarakat saat ini dianggap tidak efektif, karena memerlukan waktu lama dan melibatkan beberapa kunjungan ke kantor Disdukcapil. Penanganan pengaduan juga sering lambat, dan kurangnya analisis data yang mendalam tentang pola pengaduan. Sistem pengaduan masyarakat berbasis website yang diusulkan dalam penelitian ini memungkinkan masyarakat untuk melaporkan permasalahan mereka secara online, mengatasi kendala perjalanan jarak jauh ke kantor fisik. Dengan menggunakan sistem informasi pengaduan masyarakat, diharapkan pelayanan dapat menjadi lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Dengan adanya sistem ini juga, diharapkan terjadi peningkatan signifikan dalam pelayanan publik, memastikan bahwa kebutuhan dan keluhan masyarakat dapat ditangani dengan lebih efektif dan responsif oleh pihak berwenang.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Pengaduan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi S1
Depositing User: Nadia Ayu Fadilah
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:18
Last Modified: 20 Feb 2024 07:18
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/1672

Actions (login required)

View Item
View Item