Evaluasi E-Service Pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Banyuasin

Sari, Ria Novita and Antoni, Darius and Terttiavini, Terttiavini (2024) Evaluasi E-Service Pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Banyuasin. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of Ria Novita Sari_2020210007_File Cover_Daftar isi.pdf] Text
Ria Novita Sari_2020210007_File Cover_Daftar isi.pdf

Download (873kB)
[thumbnail of Ria Novita Sari_2020210007_File Full Karya Ilmiah.pdf] Text
Ria Novita Sari_2020210007_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik merupakan pemberian layanan atas keperluan orang atau masyarakat sesuai dengan aturan pokok. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu untuk mengetahui capaian kemajuan penyelenggaraan pelayanan publik berbasis elektronik, memberikan saran perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan mengevaluasi kualitas pelaksanaan pada organisasi perangkat desa di kabupaten Banyuasin tahun 2023. Sample pada penelitian ini adalah 25 perangkat organisasi daerah kabupaten Banyuasin dengan menggunakan teknik purposive sumpling. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini yaitu indikator dan variable yang telah ditetapkan oleh keputusan menteri no 595 tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif dan pendekatan layanan digital. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan yaitu evaluasi E-service pada organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Banyuasin memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan publik. Dengan adanya sistem ini, masyarakat dapat mengurus berbagai administrasi secara online, menghemat waktu dan tenaga. Meskipun E-service memiliki manfaat yang signifikan, penelitian ini menunjukkan adanya beberapa tantangan dan kendala dalam penggunaannya. Adapun dalam realita tentu terdapat kendala sehingga masih ada strategi yang tidak berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. Hal itu dikarenakan kurangnya kesadaran dan keterampilan teknologi di kalangan karyawan dan staf-staf 25 perangkat daerah, yang membuat sebagian besar pengguna tidak dapat memanfaatkan layanan ini secara maksimal

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi S1
Depositing User: Sari Ria Novita
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:14
Last Modified: 20 Feb 2024 03:14
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item
View Item