ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE PERIZINAN ONLINE DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PALEMBANG

Mubin, Muhammad fathan Barkan and Terttiavini, Terttiavini and Sanmorino, Ahmad (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE PERIZINAN ONLINE DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of Muhammad Fathan Barkan Mubin_2020210064_File Cover-Daftar Isi.pdf] Text
Muhammad Fathan Barkan Mubin_2020210064_File Cover-Daftar Isi.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of Muhammad Fathan Barkan Mubin_2020210064_File Full Karya Ilmiah.pdf] Text
Muhammad Fathan Barkan Mubin_2020210064_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam struktur ekonomi suatu negara, terutama dengan berkembangnya industri teknologi tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kualitas website terhadap kepuasan pengguna di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palembang. Metode kuantitatif dengan pendekatan explanatory research digunakan, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 90 responden. Penelitian ini mencoba memberikan gambaran tentang tingkat kepuasan dan efektivitas pengguna terhadap sistem perizinan online DPMPTSP Kota Palembang. Hasil penilaian kualitas website ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan ke depannya.Temuan penelitian menunjukkan bahwa kualitas kegunaan (usability) memiliki dampak paling signifikan terhadap kepuasan pengguna website. Kualitas informasi (information quality) juga memberikan dampak positif, meskipun tidak signifikan secara statistik terhadap kepuasan pengguna. Sementara itu, kualitas interaksi (service interaction quality) memberikan dampak positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna website. Secara keseluruhan, kombinasi kualitas kegunaan, kualitas interaksi, dan kualitas informasi dapat menjelaskan sebanyak 72,9% variasi dalam kepuasan pengguna website. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan untuk Meningkatkan kualitas kegunaan website dengan menyederhanakan navigasi, meningkatkan desain, dan mempermudah proses pencarian informasi. Meningkatkan kualitas interaksi website dengan menyediakan layanan pelanggan yang responsif, memberikan umpan balik yang informatif, dan membangun komunitas online. Meningkatkan kualitas informasi website dengan memastikan akurasi dan kelengkapan informasi, menyajikan informasi dengan format yang mudah dipahami, dan menyediakan informasi yang terkini dan relevan. Hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palembang dalam meningkatkan kualitas website mereka guna meningkatkan kepuasan pengguna dan efektivitas layanan online mereka.

Kata Kunci : Kepuasan pengguna, Website, Online, WebQual 4.0

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi S1
Depositing User: Muhammad fathan barkan mubin Maulana
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:41
Last Modified: 21 Feb 2024 07:41
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item
View Item