Nabilah Muflih Nofriarta, Nofriarta and Siti Komariah Hildayanti, Hildayanti and Roswaty, Roswaty (2024) PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN NAIL ART BELLANESHOP. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.
NABILAH MUFLIH SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
NABILAH MUFLIH COVER-DAFTAR ISI.pdf
Download (981kB)
NABILAH MUFLIH TURNITIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh variabel brand ambassador dan brand trust terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Studi ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan uji t untuk menganalisis pengaruh parsial dari masing-masing variabel independen dan uji F untuk menganalisis pengaruh simultan dari kedua variabel independen terhadap variabel dependen.
Data yang digunakan dalam penelitian ini diolah menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25 untuk memastikan analisis statistik yang akurat dan terpercaya. Metodologi penelitian melibatkan pengumpulan data melalui survei yang disebarkan kepada konsumen yang telah menggunakan jasa Bellaneshop tertentu. Jenis penelitian ini adalah dekskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa Bellaneshop Nail Art dari hasil promosi brand ambassador di Sosial Media. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Hair et. al (2021) sampel dalam penelitian ini diambil secara acak untuk mendapatkan hasil yang representatif sebesar 100 responden. Analisa data dimulai dengan menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian Pengumpulan mengggunakan kuisioner, wawancara, observasi, dokumentasi.
Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa variabel brand ambassador memiliki nilai t sebesar 3,443 dengan tingkat signifikansi (p < 0,05), yang berarti bahwa brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, hasil analisis uji t juga menunjukkan bahwa brand trust memiliki nilai t sebesar 5,320 dengan tingkat signifikansi (p < 0,05), yang menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen terhadap merek juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa variabel brand ambassador dan brand trust secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F sebesar 7,980 dan tingkat signifikansi (p < 0,05) Koefisien determinasi berpengaruh sangat kuat yakni sebesar 0,893 untuk Brand Ambassador, sedangkan antara Brand Trust adalah 0,912 serta koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa penelitian ini berpengaruh 87,2%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen S1 |
Depositing User: | NABILAH MUFLIH NOFRIARTA |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 06:40 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 06:40 |
URI: | http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/2190 |