Analisis Perencanaan Perkuatan Tubuh Baan pada Lokasi Amblesan Jalur Kereta Api di KM. 206+100 s/d KM. 206+200 Emplasemen Stasiun Gilas Divre IV Tanjung Karang

Patrika, Heri and Utari, Sriwijaya and Devi, Debby Sinta (2024) Analisis Perencanaan Perkuatan Tubuh Baan pada Lokasi Amblesan Jalur Kereta Api di KM. 206+100 s/d KM. 206+200 Emplasemen Stasiun Gilas Divre IV Tanjung Karang. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of 2022250023P_AGU_2024_1.pdf] Text
2022250023P_AGU_2024_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of HeriPatrika_2022250023P_cover.pdf] Text
HeriPatrika_2022250023P_cover.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of HeriPatrika_2022250023P_File Full Karya Ilmiah-1-70.pdf] Text
HeriPatrika_2022250023P_File Full Karya Ilmiah-1-70.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Amblesan yang terjadi pada jalur Kereta Api KM 206+100 s.d 206+200 antara Stasiun Gilas dan Stasiun Sepancar Divre IV Tanjung Karang pada April 2023 memerlukan waktu perbaikan jalur Kereta Api. Amblesan terjadi akibat Tubuh Baan Jalan Kereta Api tidak mampu menahan beban Kereta Api yang melintas diatasnya. Hal ini diperkuat dengan hasil analisa keadaan eksisting yang menghasilkan nilai safety factor sebesar 1.05 < 1.5 dengan pergeseran sebesar 0.9 meter. Dari hasil analisa dilapangan dibutuhkan perkuatan pada Tubuh Baan Jalan Kereta Api, berupa perkuatan menggunakan bronjong dan cerucuk serta perkuatan menggunakan pondasi Bore Pile. Dalam penelitian ini untuk menghitung nilai safety factor menggunakan sofeware Plaxis 2D. Setelah dianalisa menggunakan perkuatan dengan Bronjong dan Cerucuk di dapat nilai safety factor sebesar 1.21 < 1.5 dengan pergeseran sebesar maksimal sebesar 0.136 meter. Perkuatan selanjutnya menggunakan perkuatan kombinasi dengan perkuatan pondasi Bore Pile 15 meter 1 trap menghasilkan safety factor sebesar 1.95 > 1.5 dengan pergeseran maksimal sebesar 0,096 meter. Selanjutnya nilai safety factor dengan perkuatan pondasi Bore Pile 15 meter 2 Trap adalah sebesar 2.25 > 1.5 dengan pergeseran maksimal sebesar 0.094 meter. Dapat disimpulkan bahwa metode perkuatan dengan kombinasi Bore Pile 15 meter 1 trap dan 2 trap aman terhadap nilai stabilitas lereng global.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QE Geology
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: HERI PATRIKA
Date Deposited: 30 Aug 2024 04:28
Last Modified: 30 Aug 2024 04:28
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/2233

Actions (login required)

View Item
View Item