Penerapan Metode Design Thinking dan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) Dalam Perancangan User Interface E-Learning

Aria Kusuma, M. Bagus and Sartika, Dewi and Ramadhan, Mustafa (2023) Penerapan Metode Design Thinking dan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) Dalam Perancangan User Interface E-Learning. Diploma thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of M Bagus Aria Kusuma_2019110010_ File Cover - Daftar Isi.pdf] Text
M Bagus Aria Kusuma_2019110010_ File Cover - Daftar Isi.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of M Bagus Aria Kusuma_2019110010_File Full Karya Ilmiah.pdf] Text
M Bagus Aria Kusuma_2019110010_File Full Karya Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

E-Learning merupakan media belajar mengajar yang dilakukan melalui komputer yang terkoneksi ke internet. E-Learning dapat menggantikan semua fasilitas yang tersedia di tempat pembelajaran. Interaksi yang dilakukan oleh pengguna menimbulkan berbagai persepsi, Hal ini berhubungan dengan User Interface dan User Experience yang apabila sebuah platform tidak memenuhi aspek User Experience pengguna yang memadai seperti konten yang kurang familiar, dan tidak sesuai dengan harapan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna E-learning agar dapat menciptakan desain yang sesuai dengan harapan pengguna dan mempermudah pengguna dalam melakukan kegiatan belajar secara daring dengan menggunakan metode design thinking. Hasil pengukuran desain menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) mendapatkan nilai rata-rata pada skala Daya tarik dengan nilai 1,80, Efisiensi dengan nilai 1,67, Ketepatan dengan nilai 1,51, Stimulasi dengan nilai 1,62, dan Kebaruan dengan nilai 1,13 dengan kategori benchmark “Good” sedangkan skala kejelasan mendapatkan nilai rata-rata 1,61 dan tetap berada pada kategori benchmark “Above Average”. Berdasarkan hasil pengujian desain yang telah diterima pengguna, Dengan menggunakan pendekatan design thinking yang digunakan dalam tahap empathize, define, ideate, prototyping dan testing dapat membantu dalam perancangan desain antarmuka yang sesuai kebutuhan pengguna mendapatkan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika S1
Depositing User: M. Bagus Aria Kusuma
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:33
Last Modified: 07 Sep 2023 07:33
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item
View Item