anugrah, gintano and Nisumanti, Sartika and Al Qubro, Khadijah (2024) analisis pergerakan transportasi untuk penentuan exit tol kapal betung pada ruas jalan palembang-betung menggunakan aplikasi PTV Visum. Masters thesis, unversitas indo global mandiri.
Gintano Anugrah_2020250053_File Cover- Daftar isi.pdf
Download (803kB)
Gintano Anugrah_2020250053_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
2020250053_AGU_2024_3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Jalan Palembang-Betung merupakan penghubung jaringan pergerakan transportasi nasional yang menghubungkan provinsi sumatera ke provinsi sumatera lainya sehingga, volume lalu lintas pada ruas jalan ini sangat tinggi dan kendaraan yang melebihi kapasitas jalan menyebabkan sering terjadi kemacetan lalu lintas pada ruas jalan ini. Pemerintah melakukan Pembangunan Jalan tol Trans Sumatera yang salah satunya Jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung untuk dapat menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan ini. Tujuan penelitian ini mengetahui lokasi exit tol yang optimal dengan menggunakan metode perhitungan PKJI 2023 untuk analisis kinerja lalu lintas, bangkitan tarikan (trip generation) untuk mengetahui MAT bangkitan tarikan yang digunakan untuk pemodelan menggunakan aplikasi PTV visum student version. Berdasarkan hasil perhitungan kinerja lalu lintas menggunakan metode PKJI 2023 didapat nilai Dj musi landas 0,387, pangkalan balai 0,457 dan betung 0,904. Untuk MAT bangkitan dan tarikan dihitung menggunakan metode analogi didapat nilai oi=15300, Oi=749, Ei=0,049 dan dd=15300. Data MAT kemudian dimodelkan menggunakan aplikasi PTV visum student version. Lokasi exit tol yang optimal adalah musi landas, pangakalan balai dan betung dengan mempertimbangkan faktor kondisi jalan, kecepatan rata-rata dan sebaran pergerakan (trip distribution).
Kata kunci: Tarikan bangkitan, Exit tol, Ptv Visum
The Palembang-Betung Road is a link between the national transportation movement network that connects Sumatra province to other Sumatra provinces so that the traffic volume on this road section is very high and vehicles that exceed the capacity of the road cause frequent traffic jams on this road section. The government is carrying out the construction of the Trans Sumatra toll road, one of which is the Kayu Agung-Palembang-Betung toll road to be one of the solutions to overcome this problem. The purpose of this study is to determine the optimal toll exit location by using the PKJI 2023 calculation method for traffic performance analysis, trip generation to determine the MAT of traction generation used for modeling using the PTV visum student version application. Based on the results of the calculation of traffic performance using the 2023 PKJI method, the value of Dj musi takeoff was 0.387, the base of the hall was 0.457 and the base of the hall was 0.904. For the rise and pull MAT, the values of oi=15300, Oi=749, Ei=0.049 and dd=15300 were obtained using the analogy method. MAT data was then modeled using the PTV visum student version application. The optimal location of the toll exit is the take-off musi, the center and the betung by considering the factors of road conditions, average speed and trip distribution.
Keywords: Traction Generation, Toll Exit, PTV Visum
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email 2020250053@students.uigm.ac.id |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 01:21 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 01:21 |
URI: | http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/2885 |