GAME EDUKASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 1 SD UNTUK MEMBANTU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG (STUDI KASUS: SDN 14 BELIMBING)

widya astuti, lastri and Suhandi, Nazori and novita, dian (2024) GAME EDUKASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 1 SD UNTUK MEMBANTU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG (STUDI KASUS: SDN 14 BELIMBING). Masters thesis, Indo Global Mandiri University.

[thumbnail of DianNovita_2018110037_File Cover - Daftar Isi Pengecekan Plagiasi.pdf] Text
DianNovita_2018110037_File Cover - Daftar Isi Pengecekan Plagiasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of Dian Novita_2018110037_File Cover-Daftar Isi.pdf] Text
Dian Novita_2018110037_File Cover-Daftar Isi.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of DianNovita_2018110037_File Full Karya Ilmiah.pdf] Text
DianNovita_2018110037_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Matematika, sebagai mata pelajaran yang diajarkan sejak dini, seringkali dihadapi oleh siswa dengan rasa bosan dan ketidakmengertian, mengingat kompleksitas materi berupa rumus yang perlu dihapal. Siswa kelas 1 SD di SDN 14 Belimbing, Kabupaten Muara Enim Dusun Dalam, banyak siswa yang mengalami kebosanan dan kesulitan pemahaman karena lebih tertarik bermain dengan teman dan minim perhatian terhadap materi. Tujuan penelitian ini memanfaatkan teknologi dan informasi dengan cara membuat media pembelajaran berupa game edukasi untuk membantu para pendidik dan orang tua agar siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Tahapan GDLC mencakup inisiasi ide, pre-production, production, testing (alfa dan beta), dan release. Game edukasi ini telah diuji melalui pengujian kepuasan pengguna dengan cara pembagian kuesioner di SDN 14 Belimbing, rata-rata nilai skor akhir keseluruhan adalah 88,15% tersebut termasuk dalam kategori sangat setuju, maka aplikasi layak untuk digunakan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah permainan instruktif yang dibuat untuk membantu para pendidik atau orang tua untuk memperluas keuntungan anak-anak dalam mempelajari matematika dan dapat diperkenalkan pada telepon Android.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika S1
Depositing User: dian novita
Date Deposited: 30 Sep 2024 08:21
Last Modified: 30 Sep 2024 08:21
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/3089

Actions (login required)

View Item
View Item