Perancangan Kampanye Sosial Peran Komunitas Game Online Sebagai Wadah Interaksi Sosial Pemain Remaja di Kota Palembang

Syafiq, Muhammad and Mubarat, Husni and Yulius, M.Sn, Yosef (2024) Perancangan Kampanye Sosial Peran Komunitas Game Online Sebagai Wadah Interaksi Sosial Pemain Remaja di Kota Palembang. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of 2020620013_OKT_2024_1.pdf] Text
2020620013_OKT_2024_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB) | Request a copy
[thumbnail of Muhammad Syafiq_2020620046_File Full Karya Ilmiah.pdf] Text
Muhammad Syafiq_2020620046_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Muhammad Syafiq_2020620046_File Cover - Daftar Isi.pdf] Text
Muhammad Syafiq_2020620046_File Cover - Daftar Isi.pdf

Download (789kB)

Abstract

Industri game online telah menjadi fenomena global yang memungkinkan terjadinya interaksi sosial melalui komunitas di dalamnya, khususnya bagi remaja di Kota Palembang. Kampanye sosial ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja mengenai pentingnya peran komunitas game online sebagai wadah interaksi sosial yang positif, aman, dan mendukung. Dalam perancangan ini, metode Design Thinking digunakan untuk menciptakan berbagai media kampanye, seperti poster, motion graphic, dan merchandise, yang mampu menarik perhatian dan menyampaikan pesan secara efektif kepada target audiens. Dengan mengintegrasikan teori komunikasi visual, kampanye sosial, dan semiotika, kampanye ini dirancang untuk mendorong partisipasi aktif remaja dalam komunitas yang sehat, mengurangi perilaku negatif seperti cyberbullying, serta membantu mengubah persepsi masyarakat terhadap game online. Diharapkan, kampanye ini dapat menciptakan ekosistem game online yang lebih inklusif dan mendukung perkembangan sosial remaja di Kota Palembang.
Kata Kunci : game online, interaksi sosial, komunitas game, kampanye sosial, remaja, Palembang, Design Thinking.

The online gaming industry has become a global phenomenon that fosters social interaction through its communities, especially for teenagers in Palembang City. This social campaign aims to raise awareness among teenagers about the importance of online gaming communities as a positive, safe, and supportive platform for social interaction. Using the Design Thinking method, this campaign design includes various media, such as posters, motion graphics, and merchandise, which are crafted to attract attention and effectively convey messages to the target audience. By integrating theories of visual communication, social campaigns, and semiotics, this campaign is designed to encourage active participation among teenagers in healthy communities, reduce negative behaviors like cyberbullying, and help shift public perception of online gaming. It is hoped that this campaign will create a more inclusive online gaming ecosystem that supports the social development of teenagers in Palembang City.
Keywords : online gaming, social interaction, gaming communities, social campaign, teenagers, Palembang, Design Thinking.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya > Desain Komunikasi Visual S1
Depositing User: Syafiq Muhammad
Date Deposited: 29 Oct 2024 09:06
Last Modified: 29 Oct 2024 09:06
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/3323

Actions (login required)

View Item
View Item