ANALISIS PENILAIAN KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PCI PADA RUAS JALAN LINTAS SUMATERA LUBUK LINGGAU

Brahmono, Yudho and Nisumanti, Sartika and Al Qubro, Khodijah (2025) ANALISIS PENILAIAN KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PCI PADA RUAS JALAN LINTAS SUMATERA LUBUK LINGGAU. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of File Cover-Daftar Isi_Yudho Brahmono_2021250077P ..pdf] Text
File Cover-Daftar Isi_Yudho Brahmono_2021250077P ..pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Turnitin_2021250077P_Yudho Brahmono.pdf] Text
Turnitin_2021250077P_Yudho Brahmono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of File Full Karya Ilmiah_Yudho Brahmono_2021250077P ..pdf] Text
File Full Karya Ilmiah_Yudho Brahmono_2021250077P ..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Raya merupakan infrastruktur transportasi darat yang sangat penting dalam
menghubungkan berbagai kegiatan ekonomi dan sosial, memperlancar mobilitas
antar kota dan desa, kelancaran arus barang. Jalan yang terus-menerus menerima
beban volume lalu lintas yang tinggi akan mengakibatkan terjadinya penurunan
kualitas jalan, sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan lebih cepat bahkan
hingga ke struktur perkerasan. Ruas Jalan Lintas Sumatera Lubuk Linggau, salah
satu alternatif sebagai penghubung jalan lintas sumatera lubuk linggau sebagai
jalan nasional kondisi jalan harus dalam keadaan mantap. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada ruas
jalan Lintas Lubuk Linggau, Untuk mengetahui nilai kondisi pada ruas jalan
Lintas lubuk linggau dengan menggunakan metode Pavement Condition Index
(PCI) untuk menghitung nilai kondisi permukaan jalan dan Mengetahui Jenis
penanganan kerusakan jalan pada ruas jalan lintas sumatera Lubuk Linggau.
Hasil analisa luas kerusakan pada Jalan Lintas Sumatera Lubuk Linggau KM 300 - KM 325 yaitu lubang sebanyak 146,84, amblas 37,80, pelepasan butir 75,82,
retak memanjang 17,00, retak pinggiran, 29,40, tambalan 22,20, dan pengausan
209,10. Nilai kondisi perkerasan tertinggi sebesar 97 termasuk kategori sempurna
terdapat pada KM 318 + 000 – 319 + 000. Nilai PCI terendah sebesar 70 yang
termasuk dalam kategori sangat baik pada KM 303 + 000 – 304 + 000.
Kata Kunci: Pavement Condition Index, Jenis Kerusakan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Yudho Brahmono Brahmono
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:01
Last Modified: 16 Jun 2025 01:01
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/4366

Actions (login required)

View Item
View Item