PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PENGENALAN KAPAL JUKUNG PALEMBANG PADA REMAJA USIA 17-25 TAHUN DI KOTA PALEMBANG

Baihaqi, Muhammad Ariq (2023) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PENGENALAN KAPAL JUKUNG PALEMBANG PADA REMAJA USIA 17-25 TAHUN DI KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya.

[thumbnail of M.AriqBaihaqi_2019620051_File Cover - Daftar Isi.pdf] Text
M.AriqBaihaqi_2019620051_File Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (383kB)
[thumbnail of M.AriqBaihaqi_2019620051_File Full Karya Ilmiah.pdf] Text
M.AriqBaihaqi_2019620051_File Full Karya Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sumatera Selatan dengan ibu kotanya yakni Palembang, merupakan bagian
dari Pulau Sumatera yang mempunyai luas wilayah 91.806,36 km2. karena dialiri
oleh banyak sungai, mobilitas dan kebutuhan masyarakat di Wilayah Provinsi
Sumatera Selatan pada dasarnya sangat tergantung dari sungai-sungai utama, yakni
Sungai Musi dan anak-anak sungainya. Banyak kapal tradisional yang melewati
sungai musi salah satunya kapal Jukung yang biasanya sebagai salah satu angkutan
yang digunakan masyarakat untuk bepergian dari suatu daerah ke daerah lain dan
juga digunakan untuk mengangkut bahan pokok ataupun barang-barang
perdagangan dan hasil pertanian. Perancangan pengenalan kapal Jukung ini sebagai
salah satu upaya pelestarian agar menambah pemahaman pada remaja dan
masyarakat.
Dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode
design thinking untuk pengumpulan data dan analisis data melalui metode 5W+1H
(what, why, who, where, why, how), sehingga menghasilkan suatu ide yang dapat
diterapkan pada tahap perancangan. Karya yang dirancang dikategorikan menjadi
tiga media, yakni media isu diantaranya, poster, x-banner, media utama berupa
permainan papan, dan media pendukung diantaranya, t-shirt, miniatur kapal
Jukung, totebag, stiker, puzzle, pencil pouch, gantungan kunci. Penerapan media
tersebut menggunakan ilustrasi kapal Jukung, sungai, ampera dan elemen
pendukung lainnya, diharapkan perancangan ini dapat merangkul remaja.

Kata Kunci: Kebudayaan, Kapal Tradisional, Permainan Papan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya > Desain Komunikasi Visual S1
Depositing User: Muhammad Ariq Baihaqi
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:56
Last Modified: 09 Oct 2023 03:56
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item
View Item