Anggraini, Silvi Rani and Isabella, Isabella (2023) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PERNIKAHAN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN LUBUK KELIAT KABUPATEN OGAN ILIR. Diploma thesis, Universitas Indo Global Mamdiri.
Cover Silvi.pdf - Published Version
Download (725kB)
Silvi Rani Anggraini 2019610054..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan administrasi pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif karena data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa kata-kata tertulis dan lisan sehingga mampu mengambarkan persoalan yang sedang ada di Kantor Urusan Agama Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir. Pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah studi kasus, teknik pengumpulan data secara tiga metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, teknik analisis data dengan mengolah, membaca semua data, memulai coding semua data, penerapan proses coding, tunjukkan bagaimana uruian dan tema tersebut direprensikan dalam bentuk narasi dan analisis data.
Kemudian hasil analisis dan temuan di lapangan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi pernikahan di kantor urusan agama memiliki kendala pada sarana dan prasarana yang belum maksimal yang dianalisis menggunakan teori kualitas pelayanan dari Zeithaml, et al (2019) terdapat 5 indikator yang digunakan yaitu 1. Tangibles (Bukti langsung), 2. Reliability (Kehandalan), 3. Responsiveness (Ketanggapan), 4. Assurance (Jaminan), 5. Empathy (Empati).
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti mendapatkan kesimpulan mengenai kualitas pelayanan administarasi pernikahan di kantor urusan agama kecamatan lubuk keliat, hal ini timbul dari berbagai masalah mulai dari prasarana dan sarana seperti kantor masih menumpang di rumah warga, tempat parkir yang mengganggu aktivitas warga, ruang tunggu, masyarakat belum dianggap optimal dalam bagian administrasi pernikahan, terkendala sumber daya manusia, komunikasi sumber daya manusia dan pemerintah desa masih belum optimal. Saran dalam penelitian ini adalah perlu dilakukan evaluasi dan perhatian khusus pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir terkhusus tempat atau gedung khusus untuk kantor sehingga tidak menyewa di rumah warga, sarana dan prasarana administrasi pernikahan, kedisiplinan dan penambahan sumber daya manusia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Silvi Rani Anggraini |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 01:35 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 01:35 |
URI: | http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/618 |