Al Fathi, Al Fathi and Amaliatulwalidain, Amaliatulwalidain (2023) CIVIC EDUCATION WAWASAN KEBANGSAAN DI KALANGAN GEN Z DI KOTA PALEMBANG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Indo Global Mandiri.
AL FATHI_2019610032_FILE COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (875kB)
AL FATHI_2019610032_File Full Karya Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palembang dalam melaksanakan pendidikan kewarganegaraan yang berwawasan kebangsaan pada generasi Z di masa depan. kota palembang pada tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menggunakan metode penelitian dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. didasarkan pada teori Civic Education yang terdiri dari 3 (tiga) indikator yaitu: Kompetensi Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Knowledge), Kompetensi Sikap Kewarganegaraan (Civic Dispositions), Kompetensi Sikap Kewarganegaraan (Civic Skills). Dapat disimpulkan bahwa peran Badan Kesbangpol Kota Palembang dalam pendidikan kewarganegaraan khususnya pada generasi Z di Kota Palembang cukup baik dengan target jumlah SMP sebanyak 60 SMP dan program program yang di rencanakan terlaksana dengan baik, terdapat 2 faktor penghambat dalam penyelenggaraan pendidikan lanjutan, seperti pendidikan keterampilan dan pendidikan sikap secara khusus. Faktor penghambat pertama adalah kurangnya sumber daya manusia dan faktor penghambat kedua adalah kurangnya dana untuk melaksanakan program lanjutan secara khusus.
Kata kunci : Pendidikan kewarganegaraan, Wawasan kebangsaan, Peran kesbangpol kota Palembang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | AL FATHI delazim |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 06:48 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 06:48 |
URI: | http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/624 |