PENGARUH PROMOSI HARGA, OBJEK WISATA, DAN TINGKAT PENDAPATAN MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT LABA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Survey Pada UMKM di Kecamatan Mesuji Pasca Terjadinya Covid-19)

Amdani, Syukur and Syafitri, Lili and Sari, Rafika (2024) PENGARUH PROMOSI HARGA, OBJEK WISATA, DAN TINGKAT PENDAPATAN MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT LABA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Survey Pada UMKM di Kecamatan Mesuji Pasca Terjadinya Covid-19). Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of Syukur Amdani_2019520050_File Cover - Daftar Isi.pdf] Text
Syukur Amdani_2019520050_File Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Syukur Amdani_2019520050_File Full Karya Ilmiah.pdf] Text
Syukur Amdani_2019520050_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh promosi harga, objek wisata, dan tingkat pendapatan masyarakat terhadap tingkat laba usaha mikro kecil dan menengah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibuat melalui link google form kemudian diolah dengan bantuan aplikasi SPSS versi 29. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu pelaku usaha umkm yang ada di sekitar objek wisata taman Desa Surya Adi Kecamatan Mesuji dan jumlah sampel yaitu sebanyak 40 responden dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda yang digunakan untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa variabel promosi harga (X1), objek wisata (X2), dan tingkat pendapatan masyarakat (X3) berpengaruh terhadap variabel tingkat laba usaha mikro kecil dan menengah (Y). Terdapat dimana nilai signifikan sebesar 0.001 < 0,005 dan Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 17,138 > 2,86. Secara parsial, variabel promosi harga (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel tingkat laba usaha mikro kecil dan menengah (Y) dimana mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,005 dan thitung > ttabel sebesar 4,785 > 2,02809. Variabel objek wisata (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel tingkat laba usaha mikro kecil dan menengah (Y) dimana variabel ini mempunyai nilai signifikansi yaitu sebesar 0,001 < 0,005 dan thitung > ttabel sebesar 4,439 > 2,02809. Variabel tingkat pendapatan masyarakat (X3) tidak berpengaruh terhadap variabel tingkat laba usaha mikro kecil dan menengah (Y) dimana variabel ini mempunyai nilai signifikansi yaitu sebesar 0,393 > 0,005 dan thitung < ttabel sebesar 0,865 < 2,02809.

Kata Kunci : Promosi Harga, Objek Wisata, Tingkat Pendapatan Masyarakat,
Tingkat Laba UMKM

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi S1
Depositing User: Syukur Syukur Amdani Syukur Amdani
Date Deposited: 13 Feb 2024 04:34
Last Modified: 13 Feb 2024 04:34
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/1397

Actions (login required)

View Item
View Item