Marsela, Resti and Syafitri, Lili and Putri, Andini Utari (2024) Pengaruh E-Commerce, Inovasi dan Sosial Media Terhadap Pendapatan UMKM (Studi Kasus Pada Toko Pakaian di Kecamatan Sako Palembang). Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.
RestiMarsela_2020520026_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
RestiMarsela_2020520026_File Cover-Daftar Isi.pdf
Download (634kB)
Abstract
Pendapatan adalah pendapatan yang diperoleh atau diterima seseorang atau rumah tangga dari suatu usaha atau pekerjaan. Perilaku keuangan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk e-commerce, inovasi dan sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh commerce, inovasi dan sosial media terhadap pendapatan UMKM pada toko pakaian di Kecamatan Sako. Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif dengan sumber data primer yang berasal dari penyebaran kuesioner Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM pada took pakaian Di kecamatan Sako Palembang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 97 unit UMKM dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dengan metode non-probability dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM (Y). Inovasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM (Y). Sosial Media (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM (Y). E-Commerce, inovasi dan sosial media secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM.
Kata Kunci: E-Commerce, Inovasi, Sosial Media, Pendapatan UMKM
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email restimrslaa@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 09:33 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 09:33 |
URI: | http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/1510 |