ANALISIS KUALITAS LAYANAN DATA POKOK PENDIDIK (DAPODIK) PADA SMK NEGERI 1 PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Nova Vuspita Sari, Nova Vs and Hendra DiKesuma S.Kom.,M.Cs., Hendra and Abdul Kholik, Abdul Kholik (2024) ANALISIS KUALITAS LAYANAN DATA POKOK PENDIDIK (DAPODIK) PADA SMK NEGERI 1 PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of Nova Vuspita Sari_2020210063_FileFullSkripsi.pdf] Text
Nova Vuspita Sari_2020210063_FileFullSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Nova Vuspita Sari_2020210063_Cover-Daftarisi.pdf] Text
Nova Vuspita Sari_2020210063_Cover-Daftarisi.pdf

Download (620kB)

Abstract

Objek dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Data Pokok Pendidik
(DAPODIK) pada SMK Negeri 1 Palembang, penelitian ini bertujuan untuk
menguji kualitas layanan sistem informasi. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Guru Sekolah selaku pengguna sistem. Teknik pengambilan
sampel menggunakan non probability sampling. Jumlah sampel dalam penelitian
ini sebesar 70 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah analisis jalur serta
tool yang digunakan dalam pengolahan data adalah software SPSS 20. Metode yang
digunakan dari penelitian ini yaitu Webqual 4.0 yang dimana menggunakan 4
indikator yaitu Kegunaan (Usability), Kualitas Informasi (Information Quality),
Kualitas Interaksi Layanan (Service Interaction Quality) dan Kepuasan Pengguna
(User Satisfaction) User Satisfaction. Berdasarkan variabel Webqual 4.0. Hasil
analisis menyatakan hasil skor kualitas kegunaan sebesar 2.800 dengan tingkat
persentase 84,25%, didukung regresi yang membuktikan kualitas kegunaan
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hasil skor kualitas
informasi sebesar 2.450 dengan tingkat persentase 84,45%, didukung regresi yang
membuktikan kualitas informasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan
pengguna, sedangkan hasil skor kualitas layanan sebesar 2.100 dengan tingkat
persentase 81,33%, didukung regresi yang membuktikan kualitas layanan
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna.
Kata Kunci – kualitas, dapodik, webqual 4.0

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi S1
Depositing User: Nova Nova Vuspita Sari Ayu
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:17
Last Modified: 19 Feb 2024 07:17
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/1604

Actions (login required)

View Item
View Item