Penerapan Data Mining Menggunakan Metode Algoritma Apriori Dalam Penentuan Peminat Merek Semen Pada PT Satria Jaya Prima

Nugroho, Adin and Yulianti, Evi and Saluza, Imelda (2024) Penerapan Data Mining Menggunakan Metode Algoritma Apriori Dalam Penentuan Peminat Merek Semen Pada PT Satria Jaya Prima. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of Adin Nugroho_2020210089_File Cover - Daftar Isi.pdf] Text
Adin Nugroho_2020210089_File Cover - Daftar Isi.pdf

Download (724kB)
[thumbnail of Adin Nugroho_2020210089_File Full Karya Ilmiah.pdf] Text
Adin Nugroho_2020210089_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Industri semen menjadi sektor yang strategis dalam mendukung pembangunan infrastruktur dan konstruksi di Indonesia. PT Satria Jaya Prima, sebagai salah satu perusahaan di sektor ini, berada di tengah-tengah persaingan yang ketat untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasarnya. Dalam konteks ini, pemahaman yang mendalam mengenai preferensi konsumen terhadap merek semen menjadi kunci utama dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Algoritma Apriori sebagai salah satu algoritma data mining yang memiliki keunggulan dalam mengekstraksi pola asosiasi dari data transaksional, dapat diaplikasikan untuk menggali informasi terkait preferensi konsumen terhadap merek semen di PT Satria Jaya Prima.Penerapan Algoritma Apriori dalam konteks penentuan peminat merek semen diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam mengenai asosiasi antara atribut-atribut tertentu dan preferensi konsumen. Penelitian ini juga memberikan nilai tambah bagi PT Satria Jaya Prima sebagai subjek penelitian, karena hasilnya dapat memberikan pandangan yang lebih mendalam terhadap karakteristik peminat merek semen mereka.Penelitian ini dapat menjadi landasan untuk perusahaan tersebut dalam mengambil keputusan yang lebih tepat berdasarkan data yang objektif dan terukur.Website algoritma Apriori untuk penentu peminat merek semen dapat menyediakan insight berharga tentang pola pembelian konsumen. Dengan menganalisis transaksi pembelian, algoritma ini dapat mengidentifikasi asosiasi antara produk semen dan preferensi konsumen, membantu perusahaan memahami tren pasar dan meningkatkan strategi pemasaran mereka.
Kata Kunci:Data Mining, Algoritma Apriori,PT.Satria Jaya Prima,Penerapan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi S1
Depositing User: Adin Nugroho
Date Deposited: 19 Feb 2024 13:17
Last Modified: 19 Feb 2024 13:17
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/1610

Actions (login required)

View Item
View Item