Analisis Ketertarikan Masyarakat Terhadap Transportasi Umum Di Palembang (Studi Kasus : LRT Palembang)

Saputra, Muhammad Agung and Nurmeyliandari, Revianty and Al Qubro, Khadijah (2024) Analisis Ketertarikan Masyarakat Terhadap Transportasi Umum Di Palembang (Studi Kasus : LRT Palembang). Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of 2020250030_AGU_2024_1.pdf] Text
2020250030_AGU_2024_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 2020250030_Muhammad Agung Saputra_Cover-Daftar Isi.pdf] Text
2020250030_Muhammad Agung Saputra_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 2020250030_Muhammad Agung Saputra_Full Karya Ilmiah.pdf] Text
2020250030_Muhammad Agung Saputra_Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Palembang, sebagai pusat ekonomi dan industri di Sumatera Selatan memiliki
populasi sebanyak 1.707.996 jiwa atau 19,72% dari total populasi Sumatera
Selatan pada tahun 2023. Kepadatan ini berdampak pada kemacetan lalu lintas
akibat meningkatnya volume kendaraan setiap tahunnya. Pemilihan Light Rail
Transit (LRT) sebagai moda transportasi umum diharapkan dapat menjadi
solusi untuk mengurangi kemacetan dan mempermudah mobilitas masyarakat
di Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan
faktor apa saja yang berpotensi meningkatkan ketertarikan masyarakat
terhadap transportasi umum LRT dan mengetahui kualitas kinerja pelayanan
LRT yang telah diberikan apakah sudah berdasarkan Peraturan Menteri
Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 63 Tahun 2019, Standar
pelayanan minimum angkutan orang dengan kereta api. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan
media kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah faktor yang berpotensi
meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap LRT Palembang, faktor
pendapatan masyarakat dan faktor integrasi. Serta menurut persepsi
masyarakat kinerja transportasi umum LRT Palembang sudah efektif, hal ini
terbukti dari rata-rata hasil penilaian tingkat kinerja dan pelayanan LRT
Palembang mendapatkan nilai 4,34 maka secara rata-rata didapatkan kategori
“Sangat Bagus” dalam penilaian tingkat kinerja untuk pelayanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: M Agung Saputra
Date Deposited: 16 Aug 2024 01:04
Last Modified: 16 Aug 2024 01:04
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item
View Item