PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI (WELL BEING) GURU DAN GAYA KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH INDO GLOBAL MANDIRI (IGM) PALEMBANG

yeni, roselawaty (2024) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI (WELL BEING) GURU DAN GAYA KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH INDO GLOBAL MANDIRI (IGM) PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of TURNITIN 2022501031.pdf] Text
TURNITIN 2022501031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of YENI ROSELAWATY_2022501031_File Cover - Daftar Isi.pdf] Text
YENI ROSELAWATY_2022501031_File Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of YENI ROSELAWATY_2022501031_File Full Cover Karya Ilmiah_compressed.pdf] Text
YENI ROSELAWATY_2022501031_File Full Cover Karya Ilmiah_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja guru harus selalu ditingkatkan mengingat tantangan dunia pendidikan
untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era global.
Salah satu Upaya yang dilakukan pemerintah yaitu dengan program guru pengerak.
Guru penggerak tidak hanya dilatih untuk menginstruksikan dan mengelola
kegiatan kelas secara efektif, tetapi juga untuk menciptakan hubungan yang efektif
dengan siswa dan komunitas sekolah. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui, menganalisis dan membuktikan seberapa besar pengaruh variable
Kompetensi Pedagogik Guru, Kesejahteraan Psikologi (Well Being) Guru dan gaya
kepemimpinan Instruksional Terhadap Kinerja guru di sekolah Indo Global
Mandiri (IGM) Palembang secara parsial maupun secara simultan.
Metode penelitian bersifat kuantitatif menggunakan data numerik dan menekankan
proses penelitian pada pengukuran hasil yang objektif menggunakan analisis
statistik. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu semua anggota
populasi merupakan jumlah sampel yang berjumlah 118 orang. Penelitian ini
menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil pengolahan data observasi pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai sebesar
71 dengan kategori baik. Selanjutnya peneliti menggunakan program SPSS versi
25 untuk nilai regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi sebesar
0,791 yang berarti bahwa varibel Pedagogik guru (PD), Well Being (WB), Gaya
Kepemimpinan Instruksional (GK) memiliki sumbangan terhadap variabel Kinerja
Guru (KG) sebesar 79,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Dari hasil menggunakan uji t, bahwa variabel PD berpengaruh terhadap variabel
KG dengan thitung 7,422 > ttabel 1,982, variabel WB berpengaruh terhadap variabel
KG dengan thitung 2,386 > ttabel 1,982 dan variabel GK berpengaruh terhadap variabel
KG dengan thitung 2,082 > ttabel 1,982 untuk hasil pengujian menggunakan uji F
mendapatkan hasil degan nilai Fhitung 143,445 > Ftabel 2,68 dengan nilai signifikansi
0,000 < 0,05.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel PD, WB dan GK berpengaruh
positif dan signifikan terhadap variabel KG baik secara simultan dan parsial di
Sekolah IGM Palembang.
Kata Kunci : Pedagogik Guru, Kesejahteraan Psikologi, Gaya Kepemimpinan,
Kinerja

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen S2
Depositing User: mr. Perpustakaan UIGM
Date Deposited: 19 Aug 2024 00:58
Last Modified: 19 Aug 2024 00:58
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item
View Item