ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP DESTINASI WISATA BUDAYA DI TAMAN PURBAKALA KERAJAAN SRIWIJAYA KECAMATAN GANDUS

Heryadi, Haris and Mutaqin, Zenal and Haidir, Hala (2023) ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP DESTINASI WISATA BUDAYA DI TAMAN PURBAKALA KERAJAAN SRIWIJAYA KECAMATAN GANDUS. Diploma thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of Cover-Daftar Isi Haris Heryadi (2018280021).pdf] Text
Cover-Daftar Isi Haris Heryadi (2018280021).pdf - Published Version

Download (764kB)
[thumbnail of Full Skripsi Haris Heryadi (2018280021).pdf] Text
Full Skripsi Haris Heryadi (2018280021).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kepuasan pengunjung terhadap destinasi wisata budaya di taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Kecamatan Gandus. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskripsi kuantitatif. Peneliti menggunakan metode IPA
(Importance Performance Analysis) digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja setiap perubah (atribut) untuk seluruh responden sedangkan metode CSI (Customer Satisfaction Index) digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna secara menyeluruh dengan memperhatikan tingkat kepentingan dari indikator–indikator yang diamati. Populasi peneliti adalah pengunjung taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Kecamatan Gandus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diambil data yang disesuaikan tiap sasaran menggunakan data sekunder dan data primer yaitu observasi dan kuisioner. Berdasarkan data yang diperoleh perhitungan metode CSI tingkat kepuasan pengunjung pada destinasi wisata budaya di taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Kecamatan Gandus secara menyeluruh dengan metode CSI dapat nilai 34.27 %. Nilai CSI ini diperoleh dari pembagian antara total nilai Weight Score (WS) dengan skala maksimum yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 5 dan mengalikan dengan 100%. Nilai ini menunjukan pada kriteria kurang puas. Hal ini mengartikan sebagian besar pengunjung merasa kurang puas dengan destinasi wisata budaya di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Kecamatan Gandus yang diberikan Akan tetapi, sebaiknya pihak pengelola Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Kecamatan Gandus terus melakukan perbaikan terhadap kualitas pelayanan, agar pengunjung merasa sangat puas dengan destinasi wisata budaya di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Kecamatan Gandus secara keseluruhan. Hal ini disebabkan masih ada 65.73% pengunjung yang kurang puas.

Kata-kata kunci : Kepuasan Pengunjung, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Kecamatan Gandus, IPA, CSI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D051 Ancient History
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Kota S1
Depositing User: Haris Hery Haris Heryadi
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:36
Last Modified: 07 Sep 2023 06:36
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item
View Item