ANALISIS KESELAMATAN BERKENDARA SEBAGAI UPAYA PENURUNAN TINGKAT KECELAKAAN KERJA DAN BIAYA SOSIAL PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOTA PALEMBANG

Febrian, Erika and Dwi Hanani, Atidira and Yulian T Adesta, Erry (2024) ANALISIS KESELAMATAN BERKENDARA SEBAGAI UPAYA PENURUNAN TINGKAT KECELAKAAN KERJA DAN BIAYA SOSIAL PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOTA PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of Erika Febrian_2020240017_File Cover-Daftar Isi.pdf] Text
Erika Febrian_2020240017_File Cover-Daftar Isi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Erika Febrian_2020240017_File Full Karya Ilmiah.pdf] Text
Erika Febrian_2020240017_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of 2020240017_AGU_2024_1.pdf] Text
2020240017_AGU_2024_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini untuk menginvestigasikan implementasi Peraturan Pemerintah
Nomor 37 Tahun 2017 Pasal 13 tentang keselamatan lalu lintas. Peraturan
pemerintah tersebut di kaitkan dengan penerapan keselamatan lalu lintas terhadap
keselamatan berkendara pada pengemudi ojek online. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk menganalisis keselamatan berkendara apakah dapat mengurangi dampak
kecelakaan kerja dan biaya sosial pada pengemudi ojek online di Kota Palembang.
Metode penelitian yaitu metode deskriptif kuantitatif, analisis data menggunakan
analisis univariat, bivariat menggunakan uji chi-square dan uji korelasi. Populasi
penelitian yaitu pengemudi ojek online di Kota Palembang. Sample penelitian 100
responden, pengambilan sample menggunakan teknik random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan jika terdapat hubungan yang signifikan pada faktor
kondisi kendaraan dengan p-value (0.000 > 0.05), dengan tingkat kekuatan
hubungan yang kuat terhadap kecelakaan kerja. Terdapat hubungan yang signifikan
pada faktor kondisi lingkungan fisik dengan p-value (0.000 > 0.05), dengan tingkat
kekuatan hubungan yang kuat terhadap kecelakaan kerja. Terdapat hubungan yang
signifikan pada faktor lingkungan sosial (penegakan hukum lalu lintas) dengan p￾value (0.038 > 0.05), dengan tingkat kekuatan hubungan yang lemah terhadap
kecelakaan kerja. Tidak terdapat hubungan yang signifikan pada faktor manusia
dengan p-value (1.000 > 0.05) terhadap kecelakaan kerja dan faktor lingkungan
sosial (penanganan korban kecelakaan) tidak terdapat hubungan yang signifikan
dengan p-value (0.295 > 0.05) terhadap kecelakaan kerja.
Kesimpulan penelitian yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara faktor
kondisi kendaraan, faktor lingkungan fisik, faktor lingkungan sosial (penegakan
hukum lalu lintas). Sedangkan faktor manusia dan faktor lingkungan sosial
(penanganan korban kecelakaan) tidak terdapat hubungan yang signifikan terhadap
kecelakaan kerja pada pengemudi ojek online di Kota Palembang.
Kata Kunci : Keselamatan Berkendara, Kecelakaan Kerja, Ojek Online

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Keselamatan dan Kesehatan Kerja D4
Depositing User: febrian erika
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:08
Last Modified: 30 Aug 2024 08:08
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/2806

Actions (login required)

View Item
View Item