Sistem Informasi Monitoring Perawatan dan Perbaikan Gardu Pada PT. PLN (Persero) UP3 Palembang

Cerien, Cerien Carolita and Terttiavini, Terttiavini and M. Fadhiel Alie, Fadhiel (2024) Sistem Informasi Monitoring Perawatan dan Perbaikan Gardu Pada PT. PLN (Persero) UP3 Palembang. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of Cerien Carolita_2020210073_File Cover-Daftar Isi.pdf] Text
Cerien Carolita_2020210073_File Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cerien Carolita_2020210073_File Full Karya Ilmiah.pdf] Text
Cerien Carolita_2020210073_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of 2020210073_SEP_2024_1.pdf] Text
2020210073_SEP_2024_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Sistem Informasi Monitoring Perawatan dan Perbaikan Gardu pada PT. PLN (Persero) UP3 Palembang merupakan sebuah solusi teknologi, informasi. yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam manajemen perawatan serta perbaikan gardu distribusi tenaga listrik di wilayah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh PT. PLN (Persero) UP3 Palembang, merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan sebuah aplikasi berbasis web yang dapat membantu dalam memonitor dan mengelola kegiatan perawatan dan perbaikan gardu distribusi secara lebih terstruktur dan efisien. Metode penelitian yang digunakan meliputi analisis kebutuhan pengguna, studi literatur, serta pengembangan aplikasi berbasis web menggunakan teknologi terkini. Website ini mencakup fitur-fitur utama seperti pelaporan gangguan oleh petugas, jadwal perawatan dan perbaikan, serta pencetakan laporan kegiatan. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan akses petugas untuk melaporkan gangguan yang terjadi, meningkatkan partisipasi mereka dalam pemeliharaan infrastruktur listrik. Implementasi aplikasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa penyederhanaan pencarian lokasi gardu, perencanaan perawatan dan perbaikan yang lebih efisien, peningkatan akuntabilitas dan pelaporan, partisipasi pelanggan yang lebih aktif, penghematan biaya dan sumber daya, serta peningkatan citra perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan PT. PLN (Persero) UP3 Palembang, serta memberikan dasar untuk pengembangan sistem informasi yang serupa di wilayah lainnya.

Kata Kunci Sistem Monitoring, perawatan dan perbaikan, gardu distribusi,website

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi S1
Depositing User: Cerien Carolita
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:08
Last Modified: 17 Sep 2024 07:08
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/2991

Actions (login required)

View Item
View Item