Selli, Selli and Sanmorino, Ahmad and Faradillah, Faradillah (2024) SISTEM INFORMASI LAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS DESA BABAT. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.
Selli_2020210045_File Cover_Daftar Isi.pdf
Download (660kB)
Selli_2020210045_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
2020210045_SEP_2024_1_Selli.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
Abstract
Puskesmas Simpang Babat adalah sebuah pusat kesehatan masyarakat yang berlokasi di Jl. Belimbing Desa Babat, Kec. Penukal, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Puskesmas ini memberikan pelayanan kesehatan kepada warga desa babat berupa: pelayanan kesehatan umum (konsultasi dan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat umum), pelayanan kesehatan lansia, gizi, sanitasi, layanan kesehatan dan pemeriksaan gigi, serta laboratorium dan apotek. Puskemas Simpang Babat dapat menangani berbagai penyakit dan keluhan dari warga, namun secara umum penyakit-penyakit yang sering dijumpai pada warga berupa batuk, flu, demam berdarah dan gangguan kesehatan pada anak dan lansia. Dalam sistem pelayanan yang berjalan di Puskesmas Simpang Babat saat ini masih memiliki beberapa kekurangan, yakni: keterbatasan warga atau pasien dalam mengakses informasi secara lengkap mengenai layanan kesehatan pada Puskesmas Desa Babat. Khususnya pada proses pendaftaran berobat jalan dan pengambilan nomor antrian untuk berobat masih dilakukan secara manual. Sehingga terkadang pasien harus menunggu lama dan bolak-balik ke Puskesmas dalam mengambil nomor antrian. Data-data rekam medis dan rawat jalan pasien belum terdata dengan baik karena hanya mengandalkan buku catatan saja dan sangat berisiko terjadinya kerusakan bahkan kehilangan data. Petugas Puskesmas juga melakukan pengentrian data secara manual atau tulisan tangan yang sangat berisiko salah tulis maupun salah dalam pembacaan data. Melalui penelitian ini, peneliti ingin membangun sebuah sistem pelayanan yang berbasis online, sehingga dapat memberikan solusi dalam: menyediakan informasi dalam bentuk website yang dapat diakses langsung oleh pasien secara online, sekaligus dapat digunakan oleh warga untuk melakukan pendaftaran pemeriksaan kesehatan dan pengambilan nomor antrian, sehingga mempermudah dan menghemat waktu. Juga sistem yang dibangun dapat digunakan oleh pasien dalam berkonsultasi secara online, serta melakukan pendaftaran dan pengambilan nomor antrian untuk menerima vaksin dan imunisasi khususnya bagi pasien anak-anak. penelitian ini dapat memberikan manfaat dalam membantu dan meningkatkan proses pelayanan di Puskesmas Simpang Babat, khususnya pada proses entry data sehingga meminimalisir kesalahan dan mempermudah bagi Kepala Puskesmas untuk melihat dan mencetak laporan secara berkala.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi S1 |
Depositing User: | Selli Syilli |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 09:15 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 09:15 |
URI: | http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/3038 |