Ladianti, Ladianti (2024) KONSEP PROMOSI DESA WISATA BERBASIS SMART TOURISM (STUDI KASUS: DESA BURAI, KECAMATAN TANJUNG BATU, KABUPATEN OGAN ILIR). Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.
Ladianti_2019280015_Cover-Daftar Isi.pdf
Download (1MB)
Ladianti_2019280015_Full Bab Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
2019280015_OKT_2024_1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (38MB) | Request a copy
Abstract
Desa Wisata Burai warna - warni merupakan salah satu desa yang berada Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatra Selatan. Secara historis, Desa Burai merupakan daerah yang tenang dan terbelakang. Transformasinya dimulai dengan pelestarian daya tarik alamnya, khususnya Sungai Kelekar, dan penerapan konsep desa yang dinamis. Hal ini melibatkan pengecatan bangunan, termasuk rumah-rumah lokal di sepanjang sungai, dengan pola warna-warni untuk meningkatkan pesona desa dan daya tarik bagi wisatawan. Inisiatif yang diraih melalui kerja sama PT Pertamina EP Aset dua (2) Lapangan Prabumulih dengan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir ini, mengantarkan Desa Burai diakui sebagai salah satu dari 50 desa wisata teratas dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 (Firwanto, 2018; sudarwan, 2021). Pelestarian budaya juga merupakan aspek kunci dari daya tarik Desa Burai. Masyarakat tetap mempertahankan praktik tradisional, seperti contoh tetak (mandi di sungai) untuk pengantin baru dan Tari Beume, yang berfungsi sebagai pertunjukan bagi wisatawan yang berkunjung. Daya tarik lain nya yaitu di Desa Burai Terdapat kerajinan songket yang dibuat langsung oleh masyarakat setempat dan sekitar 80% dari wanita di Desa Burai adalah penenun songket. Penelitian ini berfokus pada promosi Desa Wisata Burai dengan menggunakan konsep smart tourism atau dikenal dengan istilah pariwisata cerdas yang memanfaatkan teknologi ITC guna memperbesar cangkupan promosi suatu desa wisata. Tentunya penerapan konsep smart toursim pada perencanaan pengembangan di Desa Burai ini sangat cocok di terapkan, dilihat dari permasalahan yang ada di Desa Burai tersebut seperti kurangnya promosi desa wisata, kurangnya fasilitas umum untuk wisatawan, dan kurangnya pemandu wisata, dengan menerapkan konsep smart toursime seperti penyediaan paket lengkap untuk para wisatawan tentu wisatawan yang datang dapat dengan mudah mendapatkan fasilitas lengkap seperti penginapan, makanan, kendaraan, tiket wahana, serta pemandu wisata ketika berwisata di Desa Burai itu sendiri.
Kata kunci: Pariwisata, desa wisata, promosi, smart tourism.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Kota S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email 2019280015@students.uigm.ac.id |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:33 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:33 |
URI: | http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/3285 |