M. Havest Al Fayed, M. Havest Al Fayed and Aji, Aji Windu Viatra (2025) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PROMOSI KERAJINAN BESI DI DESA LIMBANG JAYA KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya.
![[thumbnail of TA M havest al fayed_2019620008_cover.pdf]](http://repository.uigm.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA M havest al fayed_2019620008_cover.pdf
Download (674kB)
![[thumbnail of m havest al fayed_2019620008_full.pdf]](http://repository.uigm.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
m havest al fayed_2019620008_full.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB) | Request a copy
![[thumbnail of m.havest al fayed_2019620008_APR_2025_1_turnitin.pdf]](http://repository.uigm.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
m.havest al fayed_2019620008_APR_2025_1_turnitin.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (35MB) | Request a copy
Abstract
Indonesia memiliki ragam budaya menarik di setiap daerahnya yang menjadikan nilai
sejarah dan seni yang tinggi pada negara Indonesia. Desa Limbang Jaya, Kabupaten Ogan
Ilir, Sumatera Selatan, memiliki potensi Kerajinan Besi yang unik, kaya akan nilai seni
sehingga diwariskan turun temurun. Istilah “Pandai Besi” dapat diartikan sebagai Pengrajin
Besi yang menghasilkan Kerajinan Besi lalu digunakan untuk membantu aktivitas
masyarakat sehari hari. Seni Kerajinan Besi telah berkembang seiring dengan berjalannya
waktu dan para Pengrajin Besi yang disebut dengan Pandai Besi memiliki keahlian yang
khusus dalam membuat Kerajinan Besi. Tema ini diangkat sebagai Upaya pelestarian budaya
di Desa Limbang Jaya yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas
mengenai budaya seni di Indonesia yang berguna dalam kehidupan masyarakat. Kerajinan
Besi di Desa Limbang Jaya mendapatkan dukungan dari beberapa pihak untuk
perkembangan Kerajinan Besi yang lebih maju.
Namun sayangnya Kerajinan Besi belum banyak dikenal oleh masyarakat luas,
khususnya di luar daerah. Oleh karena itu, Perancangan Komunikasi Visual untuk promosi
Kerajinan Besi ini bertujuan untuk memperkenalkan produk lokal tersebut secara efektif.
Promosi ini diharapkan tidak hanya menambah apresiasi masyarakat terhadap seni Kerajinan
Besi di Desa Limbang Jaya, tetapi juga memperluas pasar dalam meningkatkan daya
tariknya. Dalam perancangan ini, metode yang digunakan meliputi observasi lapangan,
wawancara langsung dengan Pengrajin Besi setempat, serta studi literatur tentang teknik
branding kerajinan tradisional. Media utama yang dirancang mencakup poster, brosur, dan
konten media sosial, dengan tampilan yang menonjolkan estetika dan keunikan Kerajinan
Besi di Desa Limbang Jaya. Hasil perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan eksposur
Kerajinan Besi, mendukung pengembangan ekonomi lokal, dan memberi dampak positif
bagi kesejahteraan para Pengrajin Besi di Desa Limbang Jaya.
Kata Kunci : Kebudayaan, Kerajinan Besi, Promosi Budaya Desa Limbang Jaya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) > D880 Developing Countries H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya > Desain Komunikasi Visual S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email 2019620008@students.uigm.ac.id |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:32 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:32 |
URI: | http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/4345 |