Klasifikasi Ulasan Komentar Pelanggan Shopee Mall Terhadap E-Commerce Penjualan Baju Batik Menggunakan Metode Naïve Bayes

Rahman, M. Ade Fahtu and Mair, Zaid Romegar and Sartika, Dewi (2024) Klasifikasi Ulasan Komentar Pelanggan Shopee Mall Terhadap E-Commerce Penjualan Baju Batik Menggunakan Metode Naïve Bayes. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of M. Ade Fahtu Rahman_2020110017_File Cover - Daftar Isi.pdf] Text
M. Ade Fahtu Rahman_2020110017_File Cover - Daftar Isi.pdf

Download (839kB)
[thumbnail of M.Ade Fahtu Rahman_2020110017_File Full Karya Ilmiah.pdf] Text
M.Ade Fahtu Rahman_2020110017_File Full Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Batik, sebagai simbol budaya Indonesia, telah menjadi gaya hidup sehari-hari dan bukan hanya terbatas pada acara seremonial. Dalam era globalisasi, kemajuan pembuatan batik telah mengintegrasikan keberadaannya dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pilihan pakaian santai dan informal. E-commerce, seperti Shopee Mall, menjadi sarana bagi konsumen untuk membeli batik tanpa meninggalkan kenyamanan rumah atau tempat kerja. Meskipun demikian, belanja online membawa risiko dan ketidakpastian yang lebih tinggi, menekankan pentingnya membangun kepercayaan konsumen. Ulasan pelanggan, sebagai sumber informasi berharga, menjadi kunci dalam membantu konsumen membuat keputusan pembelian. Penelitian ini menerapkan metode Naïve Bayes untuk mengklasifikasikan ulasan komentar pelanggan terkait baju batik dari lima penjual di Shopee Mall. Hasilnya menunjukkan bahwa metode ini memberikan akurasi klasifikasi hingga 100%. Batik Kanaya 1 teridentifikasi sebagai seller terbaik dengan sentiment positif tertinggi (528), mencerminkan kepuasan pelanggan yang tinggi terhadap produk dan layanan mereka. Kesimpulan ini menggarisbawahi potensi Naïve Bayes sebagai alat yang efektif dalam menganalisis ulasan pelanggan di platform e-commerce. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan kualitas layanan, respons terhadap kebutuhan pelanggan, dan pelestarian warisan budaya Indonesia, seperti batik, melalui e-commerce.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika S1
Depositing User: mr Ade Fahtu Rahman
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:39
Last Modified: 05 Mar 2024 03:39
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item
View Item