Kuncoro, M Septian Adi and Viatra, Aji Windu and Iswandi, Heri (2024) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL KAMPANYE SOSIAL PENTINGNYA PENGGUNAAN FASILITAS PUBLIK TERKAIT KESELAMATAN PEJALAN KAKI DI KOTA PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.
M SEPTIAN ADI KUNCORO_2020620036_COVER-DAFTAR ISI.pdf
Download (613kB)
M SEPTIAN ADI KUNCORO_2020620036_SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB) | Request a copy
HASIL TURNITIN_M SEPTIAN ADI KUNCORO_2020620036_SEP_2024_1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (35MB) | Request a copy
Abstract
Keselamatan pejalan kaki di area perkotaan merupakan isu kritis yang sering kali diabaikan, terutama di kota-kota besar seperti Palembang. Meskipun kota ini telah menyediakan berbagai fasilitas publik seperti trotoar, zebra cross, dan jembatan penyeberangan, kenyataannya masih banyak kecelakaan yang terjadi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut dengan benar, dan juga tentunya dikarenakan keadaan fasilitas publik itu sendiri. Padahal seharusnya fasilitas publik ini dirancang untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pejalan kaki dalam beraktivitas di lingkungan perkotaan yang padat dan sibuk.
Perancangan ini bertujuan untuk mengeksplorasi lebih dalam hubungan antara ketersediaan fasilitas publik dan perilaku pejalan kaki, serta dampaknya terhadap keselamatan mereka. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, ditemukan bahwa banyak pejalan kaki menghadapi berbagai kendala dalam menggunakan fasilitas yang ada, seperti kurangnya pengetahuan atau kebiasaan buruk yang membuat mereka mengabaikan fasilitas yang sudah tersedia. Sebagai akibatnya, sebagian besar pejalan kaki mengalami atau hampir mengalami kecelakaan saat berapa di area Pejalan Kaki.
Untuk mengatasi masalah ini, dirancang sebuah kampanye sosial yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penggunaan fasilitas publik. Kampanye ini dirancang menggunakan metode Design Thinking, yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap target audiens serta analisis data melalui metode 5W + 1H (What, Why, Who, Where, When, dan How). Dengan pendekatan ini, kampanye diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, sehingga keselamatan pejalan kaki di kota-kota besar seperti Palembang dapat terjaga dengan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NE Print media N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya > Desain Komunikasi Visual S1 |
Depositing User: | M Septian Adi Kuncoro |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:38 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:38 |
URI: | http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/3020 |