STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAAN PROI}UK PERI(REDITAN PT. BPR UKABIMA GRAZIA

Suwirya Tjandra, Suwirya Tjandra and Alie, Juhaini (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAAN PROI}UK PERI(REDITAN PT. BPR UKABIMA GRAZIA. Masters thesis, Universitas Indo Global Mandiri.

[thumbnail of SuwiryaTjandra_2021501010_File Cover-Daftar Isi.pdf] Text
SuwiryaTjandra_2021501010_File Cover-Daftar Isi.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Suwirya Tjandra 2021501010.pdf] Text
Suwirya Tjandra 2021501010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74MB) | Request a copy

Abstract

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan
gagasan. perencanaan dan eksekusi sebuah aktivitas daiam kurun w.aktu tertentu.
Dalam strategi yang baik terkandung koordinasi tim kerja, memiliki tema.
mengindentifikasi faktor pendukungnya sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan
gagasan secara rasional, efisen dalam pendanaan dan memiliki taktik untuk
mencapai tujuan secara efektip.
Strategi komunikasi dalam pemasaran produk suatu perusahaan merupakan
salah satu cara yang ditempuh manajemen perusahaan untuk meningkatkan
pemasarannya dalam rangka memajukan perusahaan. Diperlukan ketelitian dan
kejelian dalam menetapkan strategi komunikasi untuk mencapai tuiuan perusahaan
tersetrut terlebih untuk sebuah perusahaan perbankan kecil sekelas PT. BPR
Llkabirna Grazia (dikenal dengan nalna BPR Gr:azia) . Rumusan pernnasalahan
dalam penelitian ini tak lain adalah bagaimana strategi komunikasi yang
diijalankan oleh manajemen BPR Grazia dalam menghadapi persaingan dari
kompetitornya.
Penelitian ini dilakukan dengan maksud menganalisis strategi komunikasi
pemasaran dalam usaha meningkatkan pemasaran produk Perkleditan BPR Grazia.
Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik
\,'awancara dan observasi lapangan terhadap kelima informan yang ditentukan
lewat teknik purposive sampling terhadap Komisaris. Kepala Cabang, Pejabat
Ekskutif dan 2 Staf Marketing BPR Grazia sebagai key infbt.nnn.
Dengan tesis ini peneliti mencoba membahas usaha 1,ang telah dan sedang
dilakukan oleh BPR Grazia dalarn upayanya memasarkan produk jasa perbankan
kepada masyarakat luas, strategi pemasaran yang bagaimana diterapkan oleh BPR
Grazia yang kecil sehingga dapat terus 'survive' dan terus berkembang meniadi
bank yang besar dan solid.
Dari hasil analisa penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa
elemen komunikasi pemasaran dimana garis besamya terdiri dari adver tising
(periklanan). sales promotion (prornosi penjualan), public relation (hubungan
nrasyarakat). personal selling (penjualan personal) dan direct ancl internet
marketing sudah dijalankan oleh pihak BPR
Kata Kunci : strategi komunikasi. komunikasi pemasaran, produk perkreditan
BPR

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen S2
Depositing User: mr. Perpustakaan UIGM
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:50
Last Modified: 16 Jan 2024 01:50
URI: http://repository.uigm.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item
View Item